Trik Mencari Pekerjaan

by - 17.40

Kata orang, jaman sekarang mencari pekerjaan itu susah. Apalagi mencari pekerjaan yang pas dan nyaman. Susahnya seperti mencari jarum dalam jerami. Belum jaminan lulusan S1 bisa duduk manis di kursi yang diharapkan. Apalagi yang lulusan SMA dan sederajat bahkan dibawahnya.

Jangan terlalu berekspektasi.

Ngeblog kali ini (akhirnya separo tantangan) aku akan membahas sedikit pengalaman ketika mencari pekerjaan. Mencari sumber terpercaya.

Lanjut...

Sepertinya hal ini pernah dialami setiap P3 (Para Pencari Pekerjaan). Pernah waktu itu mencoba mengirimkan berkas lamaran ke salah satu tempat yang menurut iklan di situs loker, tempat tsb membuka cabang baru. Siapa yang tidak tertarik dengan embel embel "cabang baru" ? Hampir sebagian orang pasti punya pikiran sama. Mudah diterima. Naaah... Jangan berharap. Buang jauh jauh pikiran seperti itu.

Singkat ceritanya, ketika berkas lamaran sudah diterima berlanjut ke proses interview. Biasanya lokasi interview kalau tidak di perusahaan langsung, hotel, atau disatu tempat yang benar benar banyak pesertanya. Baru pertama kali interview di sebuah "warung" dengan ukuran yaaa kurang lebih 3m × 3m dan sedikit tertutup. Sempat putus asa mencari lokasinya. Namun Gusti Allah masih memberi kesempatan untuk mencoba interview abal abal ini. Selama proses interview tidak ada pertanyaan sulit apalagi psikotest. Yang ada hanya diiming imingi bisa training di Bali, jenjang karir bagus, dan bekerja di Lombok. Katanya (penipu) training nanti bebas biaya. Hmmm cukup menarik yaa. Interview ini hanya mencari jawaban IYA atau TIDAK untuk diberangkatkan entah kemana tujuan sebenarnya.

Pengalaman kedua, hampir sama kejadiannya. Setelah lelah browsing profil perusahaan yang tidak ditemukan berhari hari, muncul lah tekad demi mendapatkan pekerjaan pengganti. Sudah tiga kali bahkan lebih, mondar mandir mencari lokasinya. Sebuah nama perusahaan yang asing di telinga warga (mungkin gaje juga). Petunjuk arah yang membingungkan. Dan bermodal sabar sekali sampailah ditempat tujuan. Sebuah ruko yang sepi dengan tempelan ala kadarnya dan hanya ada seorang bapak bapak yang cukup rapi pakaiannya.

Interview ini tidak memakan waktu banyak. Anehnya bapak ini menawarkan posisi yang lebih tinggi dari posisi yang aku inginkan. Mana ada interview macam begini?

Setengah tidak percaya dan masih berpikir positif, aku googling lagi dengan nama perusahaan yang berbeda. Iya, karena perusahaan tersebut ternyata ada tiga nama. Mulai dari banner di depan ruko, tempelan di dinding sampai di web loker semua berbeda. Cukup tercengang! (bisa ya perusahaan punya tiga nama). Keluar satu blog yang menceritakan bagaimana sistem kerja dan sebenarnya perusahaan itu seperti apa.

Ku urungkan niat untuk datang kembali di hari berikutnya. Dihari berikutnya juga tidak ada panggilan sekedar menanyakan apakah jadi ikut psikotest atau tidak.

_________________

Sekedar tips dan trik saja, ketika ingin mencari pekerjaan di situs loker :
1. Kenali dulu profil perusahaan, jika di google tidak ada perlu berpikir dua kali.
2. Apabila lokasi bukan di perusahaan, perlu diragukan.
3. Training yang dikenakan biaya, pasti ini penipuan.

Selamat mencari pekerjaan yang sesungguhnya...

You May Also Like

0 komentar