Sisi Lain Kota Semarang - Semarang Contemparary Art Gallery

by - 09.14

Jangan mengeluh kepanasan ketika berkunjung ke Semarang. Karena hal itu bukan hal baru lagi untuk dikeluhkan. Kota Semarang juga masih ada tempat yang sejuk untuk sekedar melepas penat dan memanjakan mata. Kota yang terkenal dengan wisatanya Lawang Sewu, jajanan khas Lunpia, bahkan menyimpan segudang sejarah yang berwujud Kota Lama.

Bosan dengan wisata yang itu itu saja? Cobalah intip sebentar ke Galeri Seni - Semarang Contemporary Art Gallery.

Merupakan kunjungan kedua bagi saya. Menurut cerita, galeri ini didirikan tahun 2001. Lokasinya sangat mudah ditemukan. Kalau sudah pernah berkunjung ke Kota Lama yang terkenal dengan Gereja Blenduk dan Taman Srigunting, galeri ini hanya bersebelahan. Untuk sampai di Semarang Contemporary Art Gallery cukup jalan kaki. Kira kira 100 meter jadi tidak perlu khawatir betis berkonde.

Tahun 2008 galeri ini dipindahkan dari pusat kota Semarang ke Kota Lama. Galeri Semarang yang beralamat di Jl. Taman Srigunting No.5-6 ini dibuka untuk umum sehingga cocok bagi kalian yang menyukai seni, ingin belajar memahami makna hasil karya yang dipamerkan di dalam, dan pastinya berfoto.

Pintu masuk gallery
Bangunan yang didominasi warna putih ini memiliki dua lantai. Lantai dasar terdapat dua pilar yang sama kokohnya. Dan lantai dua lebih luas ketimbang lantai dasarnya.

Lantai satu
Masuk ke lantai dua nanti akan disuguhkan dengan kotak persegi panjang yang didalamnya berisi cabai merah dan diatas kotak tersebut ada segelas air. Mengenai filosofinya, silahkan berimajinasi sendiri. Setiap orang memiliki makna filosofis tersendiri.

Lantai dua

Lantai dua part one

Lantai dua part two

Selanjutnya ke halaman belakang juga tak kalah menarik. Bagian yang menjadi tempat favorit dan instagramable menurut kids jaman now, ada patung setinggi kurang lebih 3 meter. Sebelum menuju ke patung, samping kanan dan kiri ditanami bunga yang membuat kesannya lebih adem dan natural.
Halaman belakang
Patung setinggi tiga meter
Tanaman halaman belakang

Sudah tertarik datang ke galeri milik pak Chris Darmawan? FYI harga tiket per orang hanya sebesar 10.000 rupiah dan buka setiap Selasa-Minggu. Hari Senin mungkin mainstream untuk memulai aktivitas sehingga dipilih sebagai hari libur ehehehe (belum sempat menggali informasi).


Jadi siapkan outfit dan kamera yang mendukung ya...


You May Also Like

0 komentar